Pentingnya Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia SMA

Ayah dan Bunda, seiring dengan bertambahnya usia anak, interaksi sosial semakin luas. Hal tersebut memengaruhi perkembangan anak-anak kita. Meskipun tampaknya anak-anak sudah “cukup besar”, sesungguhnya mereka masih sangat membutuhkan pendampingan dari Ayah dan Bunda dalam menghadapi tantangan zaman. Mereka sangat membutuhkan pendampingan dari orang tua dalam menghadapi berbagai tantangan zaman, seperti pornografi, narkoba, dan penyimpangan seksual.

Ayah dan Bunda yang baik, tidak semua kebutuhan pendidikan anak kita dapat dipenuhi oleh sekolah. Keterlibatan Ayah dan Bunda dalam pendidikan anak kita di rumah dan di sekolah akan sangat membantu kemajuan pendidikannya. Kerja sama yang baik antara Ayah dan Bunda dengan pihak sekolah akan mengantarkan kesuksesan anak kita dalam meraih cita-citanya.

Untuk anak usia SMA/SMK, pendampingan yang dibutuhkan berupa dialog (bertukar pikiran), edukasi (pengajaran dan contoh), dan fasilitasi (memberikan kesempatan untuk mencoba hal yang baru). Cara ini disebut dengan metode DEF, yaitu Dialog, Edukasi, Fasilitasi.

Sumber : kemdikbud.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.