Pentingnya Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Ayah dan Bunda, Usia 0 – 6 tahun adalah masa emas perkembangan sekaligus masa kritis anak, seluruh aspek perkembangan anak sedang berkembang pesat. Mari manfaatkan masa emas ini agar Ayah dan Bunda dapat memberikan pendidikan yang baik sebagai bekal anak pada kehidupan selanjutnya.

Pendidikan di keluarga adalah yang pertama dan utama. Jika pengasuhan anak kita dalam keluarga dilakukan dengan tepat sesuai dengan usia, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu caranya adalah mengajak anak belajar melalui bermain sehingga mendukung perkembangan anak yang meliputi aspek moral-spiritual, fisik-motorik, kognitif (berfikir), bahasa, sosial-emosional, dan seni.

Pada akhirnya perkembangan ini akan menyumbang pada kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif serta mampu berkomunikasi dan bekerja sama. Kemampuankemampuan itu sangat diperlukan anak di masa-masa kehidupan selanjutnya dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin beragam.

Selain untuk mengasah kecerdasan, peran Ayah dan Bunda yang tidak kalah penting adalah menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari anak kita. Caranya adalah melalui metode ACB, yaitu Ajarkan, Contohkan, Biasakan.

Sumber : kemdikbud.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.