Pada masa 7 tahun kedua. Ketika anak menjadi PEMBANTU

Pada masa 7 tahun kedua ini, orangtua punya kewajiban memberikan pendidikan, pengajaran dan pengarahan kepada anak-anaknya yang sudah memasuki usia pra-remaja. Jika ditarik ke jenjang sekolah, masa ini berada pada jenjang SD dan awal memasuki jenjang SMP. Sementara itu, status PEMBANTU diartikan sebagai masa ketaatan saat menjalani pendidikan. Menurut Munif Chatib dalam bukunya, ini sering disebut dengan masa belajar.

Masa 7 tahun kedua, kala status anak kita menjadi PEMBANTU, adalah masa penanaman karakter atau akhlak dan masa belajar. Pada masa inilah terdapat momen spesial, yaitu puber (akil-balig), yang diibaratkan anak kita berhadapan dengan petunjuk arah. Jalan kehidupan yang dipilih anak setelah masa puber sangat menentukan keberhasilan anak kita di masa mendatang.

Anak usia praremaja sudah punya perkembangan daya pikir dan ketajaman daya ingat. Ibarat fondasi sebuah rumah yang terbentuk, masa ini adalah awal pembangunan rumah tersebut. Masa ini diibaratkan awal pengisian wadah atau piring-piring yang sudah terbuka pada masa sebelumnya, sedangkan pendidikan yang terpenting pada masa ini yang berkaitan dengan ahklak dan agama. Pada masa inilah, saat terbaik untuk mengajarkan perilaku yang baik dan yang buruk kepada anak : mengenalkan peraturan dan adab, melatih kedisiplinan, serta tanggung jawab.

Sumber : Buku Orangtuanya Manusia karya Munif Chatib
Gambar : blog.ruparupa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.