Perbanyak kuantitas pertemuan dengan anak

Kuantitas pertemuan antara orangtua dan anak usia dini sangat diutamakan dari pada kualitasnya. Jika anak sudah tumbuh remaja, kualitas pertemuanlah yang punya peran penting. Anak usia dini sangat membutuhkan kedekatan orangtuanya. Menurut Munif Chatib dalam salah satu bukunya, beliau berpendapat dalam kondisi normal sebaiknya pada jenjang SD anak tidak di pondokkan di sekolah yang berasrama yang jauh dari orangtua. Jenis sekolah tersebut, bolehlah, untuk anak pada jenjang SMP dan seterusnya sebab mereka sudah menyelesaikan masa 7 tahun pertamanya. Anak berusa golden age seyogianya berada dalam naungan orangtua.

Sang RAJA kecil sebenarnya membutuhkan kuantitas pertemuan yang banyak dengan orangtuanya, bukan kualitasnya. Tujuh tahun pertama usia anak, usahakan mempertahankan bertemu dengan anak kita pada momen-momen spesial setiap harinya.

Masih menurut beliau, menyarankan agar orangtua untuk mempertahankan empat momen spesial saat bertemu muka dengan anak setiap harinya. Keempat momen spesial tersebut adalah :

  1. Ketika anak terbangun dari tidurnya di pagi hari, usahakan wajah yang pertama dia lihat adalah wajah orangtuanya. Apalagi jika diiringi oleh senyum dan sapaan semangat pagi hari dari orangtua.
  2. Ketika berpisah di pagi hari -anak berangkat ke sekolah atau orangtua yang berangkat lebih dahulu untuk bekerja- usahakan selalu memberi lambaian tangan dan tatapan mata sampai anak kita hilang dari pandangan.
  3. Ketika anak pulang sekolah atau orangtua pulang bekerja, usahakan orangtua dan anak bertemu dengan sambutan dan sapaan hangat, layaknya menyambut pejuang yang berjuang dimedan pertempuran.
  4. Ketika anak akan tidur, usahakan wajah terakhir kali dilihat adalah wajah orangtua. Bisa dengan diselingi dongeng atau membaca buku cerita kepada anak usia dini menjelang tidur.

Sumber : Buku Orangtuanya Manusia karya Munif Chatib
Gambar : happyyummymommy.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.