Anak usia 0-7 tahun (Sang raja kecil) #1

Dalam buku Orang Tuanya Manusia karya Munif Chatib anak usia 0-7 tahun adalah RAJA yang punya kerajaan BERMAIN. Seyogianya perilaku orangtua kepada sang RAJA haruslah tepat, dengan harapan berhasil membangun fondasi yang kukuh dalam masa perkembangan otak.

Kebebasan yang Bertanggung Jawab
Orang tua hendaknya membiarkan anak-anak mereka bebas bertindak, berkeinginan, memberikan perintah, bermain, dan bersenang-sengang. Ingatlah, status mereka adalah RAJA. Pada usia ini, sepertinya anak-anak kita tidak bisa diatur : Selalu berlari atau menaiki apapun, tanpa memikirkan bahaya sehingga orantua cukup kewalahan.

Sang Raja kecil harus diberi kesempatan untuk melakukan eksplorasi dan kebebasan beraktivitas. Orangtua hanya menjaga agar kebutuhan anak akan kebebasan senantiasa terpenuhi tanpa harus melupakan keamanan dan keselamatannya.

Anak usia dini selalu mencari sesuatu yang baru karena ingin tahunya besar, yang disebabkan oleh perintah otaknya. Namun, kebebasan itu bukan tanpa batas. Orangtua perlu harus menjaga keamanan dan keselamatannya tanpa mengekang kebutuhan anak akan bebas. Anak usia emas, memang tidak berhenti bergerak atau bertanya, tetapi percayalah, semua itu wajar, sebagai konsekuensi perkembangan otaknya.

Sumber : Buku Orangtuanya Manusia karya Munif Chatib
Gambar : freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.