Multiple Intelligences

Menurut penelitian Dr. Howard Gardner dari Universitas Harvard, setiap anak memiliki setidaknya delapan jenis kepintaran: Linguistik (Word Smart), Interpersonal (People Smart), Kinestetik (Body Smart), Musical (Musical Smart), Visual (Picture Smart), Intrapersonal (Self Smart), Naturalis (Nature Smart) & Matematika (Logic Smart). Teori Kepintaran Multidimensi ini dapat memberikan orangtua cetak biru untuk membantu anak-anak dalam belajar & menjadi yang terbaik dari kepintaran mereka yang menonjol.

Untuk anak yang berumur antara 1 sampai 6 tahun, yang penting bagi orangtua adalah menyediakan lingkungan di rumah di mana tiap kepintaran tersebut dapat dipupuk dan dikembangkan. Berikut adalah beberapa ide peralatan yang orangtua dapat gunakan untuk membantu menstimulasi perkembangan kepintaran anak-anak mereka :

Linguistik (Word Smart)
Buku anak-anak, majalah untuk aktivitas memotong, perekam suara untuk merekam suara mereka, huruf alfabet dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, perlengkapan menggambar dan kertas untuk menulis; stampel alfabet, susun bangun kata.

Logika-Matematika (Number Smart)
Barang untuk dihitung, dipilah dan dikelompokkan (misalnya kancing baju, koin, batu, sapuan warna), bangun susun angka dalam berbagai ukuran dan bentuk, timbangan untuk mengukur berat sesuatu, pita pengukur, gelas ukur, komputer, teka-teki logika, mainan balok berpola, sempoa.

Visual-Spasial (Picture Smart)
Buku bergambar, bahan menggambar dan perlengkapan seni lainnya (cat, kapur tulis berwarna, bahan kolase, pastel, tanah liat mainan, dll); gambar bongkar pasang, peta, barang berbentuk geometri, kamera untuk mengambil foto. .
Musikal (Music Smart)
Peralatan perkusi, keyboard elektronik, drum, piano atau alat musik lainnya, rekaman musik untuk didengarkan anak.

Kinestetik (Body Smart)
Sebuah kotak pasir; mainan lego and/atau balok dari kayu, peralatan olahraga atau gym, tali untuk lompat tali, sepeda beroda tiga, perlengkapan olahraga, perlengkapan kerajinan kayu untuk membangun sesuatu.

Interpersonal (People Smart)
Kostum untuk permainan peran (make-believe), rumah boneka, segala jenis boneka dan boneka hewan, figur miniatur, wayang/boneka dan teater boneka/wayang, permainan papan (board games).

Intrapersonal (Self Smart)
Ruangan pribadi untuk menyendiri, bahan untuk hobi khusus yang disukainya, materi dan mainan untuk drama peran, buku diary.

Naturalis (Nature Smart)
Sebuah akuarium, terrarium, binatang peliharaan keluarga, kebun, tanaman dalam ruangan, penunjuk arah angin, teropong binokuler untuk melihat burung.

Sumber : www.parentingclub.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.