Multiple Intelligences – Naturalis

Kecerdasan Naturalis (Nature Smart) : kemampuan untuk mengenal flora dan fauna, melakukan pemilahan-pemilahan utuh dalam dunia kealaman dan menggunakan kemampuan ini secara produktif misalnya untuk berburu, bertani, atau melakukan penelitian biologi.

Orang yang memilki kecerdasan ini biasanya mampu hidup di luar rumah, berhubungan baik dengan alam, mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasi berbagai jenis tanaman dan hewan. Memiliki kemampuan mengenal sifat dan tingkah laku binatang, mencintai lingkungan dan tidak suka merusak lingkungan hidup.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya berkecimpung dalam bidang pertanian, kelautan, pecinta alam, ilmuwan biologi atau fisika, pemandu wisata alam, dokter hewan, dll.

Komponen inti dari kecerdasan naturalis dalah keahlian membedakan anggota-anggota spesies, mengenali eksistensi spesies lain, dan memetakan hubungan antara beberapa spesies baik secara formal maupun non formal. Berkaitan dengan kemampuan meneliti gejala-gelaja alam, mengklasifikasi dan identifikasi.

Sumber : Buku Sekolahnya manusia (Munif Chatib) & biologimu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.