Multiple Intelligences – Linguistik

yellowcabin.com

Linguistik (Word Smart) : kemampuan untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks, yang meliputi kemampuan membaca, mendengar, menulis, dan berbicara. Kecerdasan seperti inilah yang dimiliki para jurnalis, juru bicara, penyair, dan pengacara. Orang yang cerdas dalam bidang ini dapat beargumentasi, meyakinkan orang, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata yang diucapkannya.

Orang orang yang memiliki kecerdasan Linguistik senang bermain-main dengan bunyi bahasa melalui teka-teki kata, permainan kata dan kadang-kadang mereka pun mahir dalam hal-hal kecil sebab mereka mampu mengingat berbagai fakta, gemar membaca mampu menulis dengan sangat jelas dan dapat mengartikan bahasa tulisan secara halus.

Komponen inti dari kecerdasan Linguistik adalah : Kepekatan pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata dan bahasa. Berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi, berdebat.

Berkaitan dengan pelajaran bahasa. William Shakespeare, Martin Luther King Jr, Soekarno, Putu Wijaya, Taufiq Ismail, Hilman “Lupus” Hariwijaya merupakan tokoh yang berhasil menunjukkan kecerdasan ini hingga puncak, demikian pula para jurnalis hebat, ahli bahasa, sastrawan, orator pasti memiliki kecerdasan ini.

Sumber : Buku Sekolahnya manusia (Munif Chatib) & www.biologimu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.