Multiple Intelligences – Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart) : kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dari keinginan, tujuan dan sistem emosional yang muncul secara nyata pada pekerjaannya. Mudah mengakses perasaannya sendiri, membedakan berbagai macam keadaan emosi, dan menggunakan pemahamanya sendiri untuk memperkaya dan membimbing hidupnya.

Orang yang memiliki kecerdasan seperti ini, yaitu konselor, ahli teologi, dan wirausahawan. Mereka sangat mawas diri dan suka bermeditasi, berkontemplasi, atau bentuk lain dari penulusuran jiwa yang mendalam. Sebaliknya mereka juga sangat mandiri, sangat terfokus pada tujuan, dan sangat disiplin. Secara garis besar mereka adalah tipikal orang yang gemar belajar dan bekerja sendiri daripada dengan orang lain.

Komponen inti dalam kecerdasan Intrapersonal adalah memahami perasaan diri sendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri.

Berkaitan dengan kemampuan mengenali diri sendiri secara mendalam, kemampuan intuitif dan motivasi diri, penyendiri, sensitif terhadap nilai diri dan tujuan hidup. Tokoh-tokoh sukses yang dapat dikenalkan untuk memperkaya kecerdasan ini adalah para pemimpin keagamaan dan para psikolog.

Sumber : Buku Sekolahnya manusia (Munif Chatib) & biologimu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.