Multiple Intelligences – Interpersonal

Interpersonal

Interpersonal (People Smart) : kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain dilihat dari perbedaan, tempramen, motivasi, dan kemampuan. Kecerdasan ini menuntut kemampuan untuk menyerap dan tanggap terhadap suasana hati, perangai, niat, dan hasrat orang lain.

Seseorang yang memilki kecerdasan ini biasanya memilki rasa belas kasihan dan tanggung jawab sosial yang tinggi atau biasa juga memiliki sifat suka memanipulasi dan licik, namun mereka semua memilki kemampuan untuk memahami orang lain dan melihat dunia dari sudut pandang orang yang bersangkutan. Oleh karena itu mereka dapat menjadi seorang guru, sosiolog, politikus, penjual, konsultan, dll.

Komponen inti dari kecerdasan Interpersonal adalah : kepekaan mencerna dan merespon secara cepat suasana hati, temperamen, motivasi dan keinginan orang lain. Berkaitan dengan kemampuan bergaul dengan orang lain, memimpin, kepekaan sosial yang tinggi, negosiasi, bekerjasama, mempunyai empati tinggi.

Manajer, konselor, terapis, politikus, mediator menunjukkan bentuk kecerdasan ini. Mereka biasanya pintar membaca suasana hati, temperamen, motivasi dan maksud orang lain. Abraham Lincoln dan Mahatma Gadhi memanfaatkan kecerdasan ini untuk mengubah dunia.

Sumber: Buku Sekolahnya Manusia (Munif Chatib) & www.biologimu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.